Terima kasih TikTok!

Kebahagiaan ini dipersembahkan oleh TikTok.

Tahun lalu, Indah Esjepe usul agar saya bikin akun TikTok. Saya iyakan, tanpa ada bayangan mau diisi apa. Sampai di rumah, saya bikin video pendek makan bawang goreng. Sudah itu saja. Lalu saya follow beberapa teman, yang beberapa di antaranya berbaik hati mem-follow saya balik. Jumlahnya tak lebih dari 20 orang. Begitu juga dengan unggahan saya yang makan bawang goreng itu: dilihat oleh 20 orang.

Lewat beberapa bulan, saya tidak melakukan apa-apa dengan akun TikTok saya itu. Sampai akhirnya bulan lalu, di satu siang, Tinny Mahdewi bilang sebaiknya saya bikin content di TikTok. Ya, ya, ide bagus. Tapi apa isinya?

Tiba-tiba pada satu malam, saya kangen banget ngobrol dengan anak semata wayang yang berada jauh di Jepang sana. Nulis WA, akan membuatnya terbangun, kaget, mengira ada apa-apa dengan Mak nya ini. Di IG, dia suka malu kalau sering-sering disebut namanya. Jadilah malam itu saya mengirim pesan padanya via TikTok, yang kemudian disiarkan juga di IG Story.

Eh, ternyata sampai padanya.
Dan dia senang.
Dan dia reposting.

Sejak itu, saya rajin mengiriminya pesan via TikTok.

Yang saya tak duga adalah, pesan-pesan itu ternyata tiba di layer gadget anak-anak sebaya putri saya itu. Dan mereka bereaksi dengan menyapa saya, memanggil saya Ibu, Mama…. Tiba-tiba saya jadi punya banyak teman. Dari yang 20 orang followers sebulan lalu, sekarang (terhitung terbitnya tulisan ini, 28 Januari 2022), saya punya 43,9 ribu followers dan 594,1k likes. Whoaaaaa!

Jangan tanya saya soal algoritma TikTok, karena saya tidak paham soal itu. Jangan tanya juga bagaimana salah satu postingan bisa mencapai 1,4 juta viewers dalam hitungan hari! Kalau setiap viewers dihargai 1 Renminbi…. Wah, langsung kaya raya, seperti ramalan di FB.

Tapi ini bukan soal uang melainkan perihal kegembiraan yang menyergap hati dan membuat gembira menyala di dada: betapa banyak teman (dan anak-anak) baru yang saya punya dalam sebulan ini! Mereka dengan senang hati mampir ke halaman rumah TikTok saya, berbagi cerita, serta mengirimkan doa dan cinta buat saya. Ah, rasa sayang mereka begitu menghangatkan hati, mengharukan…. Rasanya ingin berjumpa mereka pada satu hari nanti, berbagi pelukan, mendengarkan cerita mereka. Semoga datang hari itu.

TikTok.
Terima kasih.
Kamu membuat saya jadi Mak banyak anak yang luarbiasa.

#happyme
Terima kasih Indah Esjepe dan Tinny Mahdewi.

Category:

Share:

Leave a Reply